Uji Coba Inovasi Lantaru

Penyerahan KTP-el kepada pemohon

Kepala Disadmindukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH, M.Si mengatakan inovasi Layanan Tanpa Turun (Lantaru) atau Drive Thru, selama dua hari (8-9/2) diujicobakan di halaman Kantor Kecamatan Laweyan.

Inovasi Lantaru yang direncanakan akan di launching oleh Walikota Surakarta pada upacara HUT Kota Solo ke-277 pada tanggal 17 Februari besok, saat ini terus dilakukan uji coba untuk mendapatkan masukan sekaligus penyempurnaan layanan. “Untuk sementara layanan yang diberikan pada Inovasi Lantaru baru pencetakan KTP-el dan Kartu Identitas Anak”, kata Pramono. Ditambahkan oleh Pramono, inovasi Lantaru ini nantinya memberikan layanan kepada pemohon tanpa turun dari mobil/motor dan berbasis layanan online dari pengembangan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman.

Mekanismenya permohonan sangat sederhana yakni; pemohon mendaftar melalui layanan online Dukcapil Dalam Genggaman dengan memilih menu layanan Lantaru/Drive Thru. Setelah pemohon berhasil mendaftar, pemohon akan dapat instruksi untuk mengupload persyaratan dan selanjutnya dikirim. Selanjutnya berkas yang dikirim akan diverifikasi operator dan setelah dinyatakan lengkap, pemohon akan mendapatkan notifikasi untuk datang ke tempat layanan Lantaru/Drive Thru.

Salah satu pemohon yang hari ini (Selasa, 8/2) bernama Haryawan, siang hari mengunggah kesannya di Instagram Dispendukcapil Surakarta,

“Layanannya mantap, saya sudah menggunakan layanan Lantaru di Kecamatan Laweyan, permohonan KTP rusak, layanan semakin cepat, tidak butuh waktu lama kurang dari 5 menit jadi KTP anyar gratis, petugasnya ramah, Kecamatan Laweyan top, Surakarta jos semakin inovatif”

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )