Pemkot Tunjuk 6 Sekolah Sebagai Pilot Projek Sila KIA

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta melaksanakan sosialisasi program Simpanan Pelajar Kartu Identitas Anak (SILA KIA) DI 6 Sekolah yang dijadikan Pilot projek. Sosialisasi telah dilaksanakan dibeberapa Sekolah, salah satunya di hadapan ratusan walisiswa SMP PL Bintang Laut Surakarta, Selasa 11/4. Hadir dalam sosialisasi ini Asisten Perekonomian Setda Kota Surakarta, Tim dari Dispendukcapil Kota Surakarta, Tim dari BNI Kota Surakarta, dan kepala Sekolah SMP PL Bintang Laut Surakarta.

Aisisten Perekonomian Setda Kota Surakarta, Triyana,  saat sosialisasi  menjelaskan bahwa program SILA KIA ini salah satu tujuannya mengenalkan anak sejak dini dengan rekening  khususnya di Bank Pemerintah dan juga untuk mendidik agar gemar menabung. Jika anak rutin menabung dan berbenja di mitra KIA, maka bisa diperkirakan berapa besar jumlah tabungan anak pada usia 17 Tahun. Uang Tabungan tersebut bisa digunakan untuk beaya pendidikan.

Program  ini, akan melengkapai program yang sudah ada dimana   pada saatnya, ketika anak umur 17 tahun disamping mendapat program Sweet Seventeen KTP EL Ku Datang ( Siswa mendapat KTPEL dan Ucapan Selamat Ulang Tahun dari Walikota Surakarta) juga dapat mengambil uang yang ada di SILA KIA, karena rekeningnya sudah terbuka.

SILA KIA merupakan program dimana semua anak yang memliki KIA akan sekaligus memiliki rekening/buku tabungan di Bank Pemerintah. Potongan harga dari perusahaan mitra kerja KIA akan langsung transfer masuk ke rekening anak. Rekening ini sekaligus sebagai pembelajaran anak agar gemar menabung. Khusus tabungan dari potongan harga bisa diambil saat usia 17 Tahun. Program ini nantinya, setiap Anak yang baru lahir akan mendapatkan KK, Akta kelahiran, KIA dan Buku Tabungan/rekening Bank.

Sebagai pilot proyek ditunjuk 6 sekolah di Kota Surakarta yakni SMP PL Bintang Laut, SD Marsudi Rini, SD Muhammadiyah 1 Ketelan, SD Takmirul Islam,  SMP Negeri  9 dan SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )