Inovasi Baru SILA KIA dan SINTEN

Seperti Selogan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta “ Melayani Sepenuh Hati Dengan Inovasi”, kini sedang dirancang secara sungguh-sungguh dua inovasi baru.

Sementara itu Inovasi yang sudah  berjalan   dan mendapat penghargaan Internasional, nasional dan daerah  diantaranya KIA, Relasi Pencatatan Kelahiran, Sweet Seventeen KTPEL Ku Datang, Belasungkawa Kirim Akta Kematian ( Besuk Kiamat). Sementara masih ada inovasi lainnya seperti Online Nyambung Warga 24 (On-24), Sistem Informasi Angka Kependudukan Kota Surakarta (SI AKSARA), Saya Punya Layanan Lima Menit Jadi (Sapu Lidi), Sistem Helpdesk dan Pengelolaan Aset TI ( SEHATI) dan lain lain.

Sedangkan Dua inovasi baru yang dalam proses persiapan  ini adalah Simpanan Pelajar Kartu Identitas Anak  ( SILA KIA) dan SISTEM INFORMASI TERPADU PENDUDUK NON PERMANEN (SINTEN).

SILA KIA merupakan program dimana semua anak yang memliki KIA akan sekaligus memiliki rekening/buku tabungan di Bank Pemerintah. Potongan harga dari perusahaan mitra kerja KIA akan langsung transfer masuk ke rekening anak. Rekening ini sekaligus sebagai pembelajaran anak agar gemar menabung. Khusus tabungan dari potongan harga bisa diambil saat usia 17 Tahun. Program ini nantinya, setiap Anak yang baru lahir akan mendapatkan KK, Akta kelahiran, KIA dan Buku Tabungan/rekening Bank. Program ini sudah hampir final dan akan segera di resmikan.

Sementara itu inovasi yang tidak kalah menarik adalah SISTEM INFORMASI TERPADU PENDUDUK NON PERMANEN (SINTEN). Inovasi dibuat sebagai rancangan proyek perubahan, Kepala Seksi Pendataan Penduduk Dispendukcapil Kota Surakarta,  Ika Merdiana S. Penduduk non permanen atau penduduk yang tinggal sementara di Kota Surakarta akan diwajibkan untuk didata. Pelayanan Pendataan ini akan meliputi tiga hal secara terintegrasi dan terpadu. Pertama Pelayanan Selesai di kelurahan dan produk akan dikirim ke Kelurahan dengan proses online lewat SIAK ( Sistem Informasi Adminsitrasi Kependudukan), Kedua pemohon bisa mendatakan diri  secara  online di Aplikasi Sinten yang produk akan dikirim dengan email. Ketiga dengan pendaftaran regular di dinas. Program ini diharapkan dapat mendata seluruh penduduk non permanen di Kota Surakarta dan dapat digunanakan sebagai dasar dalam  melakukan langkah kebijakan terhadap penduduk non permanen yang tinggal di Kota Surakarta. Program ini akan diawal dalam bulan April 2018 ini.

“Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta “Melayani Sepenuh Hati Dengan Inovasi”

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )