Kadisdukcapil Surakarta Terima Kunjungan Kerja IPDN Sulawesi Utara

Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M. Si hari ini (Rabu, 17/11) menerima kunjungan kerja dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sulawesi Utara, yang dipimpin Wakil Rektor, Esti Wasis.
Rombongan yang terdiri para dosen dan Praja IPDN diterima langsung oleh Kadisdukcapil di ruang rapat Lt. 2. Ikut mendampingi acara penerimaan kunjungan kerja tersebut Plt. Sekdin, Subandi, SH. MH dan para Kepala Bidang.
Ketua rombongan, Tamsir dalam penjelasannya menyampaikan bahwa kunjungan kerja di Disdukcapil Kota Surakarta untuk melihat secara langsung bagaimana pelayanan adminduk di Kota Surakarta.
Kunjungan kerja ini, tambah Tamsir juga ingin melihat praktik inovasi di Kota Surakarta, apalagi diera pandemi yang mengharuskan ada perubahan metode pelayanan. Disampin itu melalui kunker ini ingin mendapatkan masukan terkait peran Pemda dalam penanganan kependudukan dan mall pelayanan publik.
Sementara itu dalam sambutannya Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M. Si mengatakan bahwa dalam pelayanan adminduk Kota Surakarta telah melahirkan banyak inovasi pelayanan mulai dari kelahiran sampai kematian.
Inovasi yang diluncurkan antara lain Sapu Kuwat untuk kelahira, Bening Kekasihku untuk Perkawinan dan Besuk Kiamat untuk kematian. Ditengah2 siklus kelahiran sampai kematian juga ada inovasi Sila KIA, Sweet Seventeen KTP-el Datang, Rekam KTP-el Lansia / Berkebutuhan Khusus.
Selanjutnya layananan pada masa pandemi maka terjadi perubahan metode dari tatap muka menjadi layanan online melalui aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman.
Ditambahkan oleh Pramono, berkat strategi inovasi tersebut, kata Pramono, Disdukcapil berhasil meraih kejuaran Inovasi yang diberikan oleh Kemenpan. Disdukcapil Surakarta juga telah berhasil WBK pada tahun 2017 dan kini mengikuti komoetisi WBBK.
Sementara untuk Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik oleh Kemenpan RB, Disdukcapil dua tahun berturut – turut meraih Katagori Nilai A atau Pelayanan Prima.
CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )