Dispendukcapil Telah Menindaklanjuti Hasil IKM

Bertempat di Westlake Yogyakarta, Dinas   Kependudukan dan Pencatatatan Sipil Kota Menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Tidak Lanjut Indeks Kepuasan masyarakat Tahun 2017, Jumat- Sabtu ( 17-18/11) . Acara diawali dengan pengarahan dari Kepala Dispenducapil Kota Surakarta, Suwarta,  yang menyampaikan hal terkini tentang pelayanan dan kebijakan administrasi kependudukan. “Sesuai selogan Dispendukcapil Kota Surakarta “ melayani sepenuh hati dengan inovasi”, maka kita harus konsisten terus melakukan gerakan inovasi pelayanan dengan revolusioner. Inovasi Dispendukcapil Kota Surakarta, sudah masuk skala nasaional bahkan internasional, Seperti KIA, Relasi Pencatatan Kelahiran, Direkam di Sekolahku, Sweet Seventeen KTPELku Datang, Besuk Kiamat dan Sapu Lidi”, katanya dihadapan 32 peserta tindaknjut dari unsur penjabat, FO (Front Office dan BO ( Back Office) Dispendukcapil Kota Surakarta.

Sementara itu dari peneliti  IKM Dispendukcapil Tahun 2017, dari  CV ANDALAN CIPTA MANAGEMENT , Sri Susiati , memaparkan hasil penelitian tentang Indek Kepuasan Masyarakat  Tahun 2017 dengan hasil sebagai berikut:

1. Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja unit pelayanan Sangat

Baik atau mutu pelayanan AA, adalah:

1) Kartu Keluarga (KK) dengan nilai IKM sebesar 94,04.

2) Akte dengan nilai IKM sebesar 92,84.

3) Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan nilai IKM sebesar 88,65.

4) Kartu Identitas Anak (KIA) dengan nilai IKM sebesar 95,18.

5) Akte Kematian dengan nilai IKM sebesar 92,42.

2. Berdasarkan Score Atas 5 Dimensi Kualitas Jasa , yaitu tangible, reliabilitas, responsibilitas, assurance dan emphaty, secara umum sudah sangat baik cenderung kearah sangat memuaskan. Dimensi yang sangat memuaskan adalah tangible dan reliabilitas.

3. Keluhan yang paling banyak disampaikan oleh masyarakat adalah masalah antrian yang menumpuk pada hari senin dan hari pelayanan setelah libur sehingga ruang tunggu menjadi sangat kurang, pelayanan juga menjadi lebih lama, petugas menjadi emosional.

4. Saran yang dominan disampaikan oleh masyarakat adalah; penambahan SDM, peningkatan keramahan petugas, Penghapusan denda, penambahan kursi, AC dan Wifi serta kebersihan fasilitas di lingkungan kantor Dispendukcapil.

5. Keluhan yang dominan disampaikan oleh petugas adalah masalah fasilitas operasional dan insentif untuk petugas.

6. Saran yang dominan disampaikan oleh petugas adalah; peningkatan insentif, koordinasi yang baik, regulasi yang jelas dan detail serta penambahan sarana operasional.

Lebih lanjut dalam diskusi, telah bisa disimpulkan semua saran telah ditindak lanjuti dengan baik, dan akan menjadi perhatian yang sungguh-sungguh dalam pelayanan selanjutnya.

Hasil IKM sudah meningkat secara signifikan dengan hasil tahun-tahun sebelumnya.Tahun 2012 hasilnya 77,73, Tahun 2013 hasilnya 75,69, tahun  2014 : 77,16, Tahun 2015, hasilnya 77,16 dan tahun 2016 hasilnya: 78,82.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )