Cate Summer dan tim UI Tertarik Kerjasama dengan Dispendukcapil Surakarta

Lead Adviser AIPJ (Australia Indonesia Partnership for Justice), Cate Sumner, tertarik untuk melakukan tindak lanjut kerja sama setelah melakukan kunjungan dan penelitian selama dua hari di Kota Surakarta (28-29 Agustus 2014). Penelitian terkait dengan pelaksanaan hak anak khusunya proses pembuatan akta kelahiran di Kota Surakarta. Cate summer didampingi dua peneliti dari Universitas Indonesia.

Penelitian dilakukan tentang sistem online proses akta kelahiran antara Kelurahan, Rumah Sakit/ Rumah Bersalin/ BPS ke  data base Dispendukcapil Kota Surakarta. Tempat yang dikunjungi adalah di Kantor Dispendukcapil Kota Surakarta, kecamatan Banjasari, Keluruhan Banyuanyar, RS Triharsi dan Rumah Bersalin Dr. Johan.

Cate summer menyimpulkan ada peluang besar kerja sama yang dilakukan antara AIPJ dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta terkait program akta kelahiran. Hal ini di katanya saat menyaksikan pola data base SIAK ( Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) oleh Tim Teknologi Informasi Dispendukcapil Kota Surakarta, di Ruang Kepala Dinas Dispendukcapil Kota Surakarta( 29/8). Hadir Pula perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta. Hal terkait dengan konfirmasi data kelahiran antara Dinas Kesehatan dengan Dispendukcapil yang harus terkoordinasi sehingga datanya valid.

Banyak masukan yang diberikan cate summer terkaitkan dengan pelaksanaan sistem pembuatan akta kelahiran di Kota Surakarta. Selama dua hari, banyak ide dan gagasan cate summer guna perbaikan sistem pencatatan Sipil di Kota Surakarta, meskipun sering menggunakan bahasa inggris dibandang sekali-kali menggunakan bahasa Indenesia. Salah satunya adalah memotong birokrasi agar masyarakat tidak perlu bolak-balik kebeberapa tempat saat membuat akta,hanya disatu tempat dirumah sakit saja.

Cate Sumner, terkenal juga sebagai seorang peneliti senior tentang isu-isu akses pada keadilan, hak asasi manusia dan reformasi peradilan di asia.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )