Uji Coba Data Ware House Dispendukcapil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta telah menyiapkan data ware house kependudukan yang dapat diakses oleh instansi yang membutukan. Data kependukan ini bisa akses realtime oleh instansi pengguna. Saat ini yang sudah mengakses adalah aplikasi e-kelurahan dari Dishubkominfo Kota Surakarta.

Sementara itu, Pada Kamis 7/10 di Ruang Pelayanan Dispendukcapil Kota Surakarta, juga diujicobakan akses data dari SIPUS ( Sistem Informasi Puskesmas) oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, Pejabat DInas Kesehatan beserta programernya, Tim Kemendagri dan Tim dari Dinas.

Kedua aplikasi tersebut, sudah berhasil menarik data kependudukan secara real time di data ware house. Jadi operator tidak perlu mengtry data penduduk.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, Suwarta, mengatakan   data ini sudah bisa diakses oleh lembaga manapun namun harus dengan Perjanjian Kerja Sama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.. Karena data Kependududukan ini dilindung oleh Undang-Undang. “ Kabupaten Kota yang sudah memiliki warehouse belum banyak, Surakarta sudah memiliki sehingga bisa pelayanan public bisa lebih optimal”. katanya.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )