Seluruh Petugas Front Office (FO ) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta mengkuti Pendidikan dan Pelatihan SERVICE EXCELLENCE bagi ASN Pemerintah  Kota Surakarta selama 3 hari , 7 – 9 Oktober 2016 di Kusuma Sahid Hotel di Kota Surakarta. Diklat ini di Fasilitasi oleh Badan Kepegawaian Kota Surakarta dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Surakarta, Budi Yulistianto.

Diklat ini bertujuan agar tercapainya kinerja institusi yang optimal yang mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya melalui penerapan Standar Service Excellence. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta , Memahami konsep pelayanan pelanggan yang prima, Mampu mengembangkan sikap kerja yang berorientasi pelayanan /customer oriente Dapat meningkatkan keterampilan dalam memberikan pelayanan, sehingga mampu membina hubungan yang lebih baik dengan pelanggan internal maupun eksternal, Memahami kaitan antara moment of truth dengan mata rantai pelayanan dan spiral pelayanan, Mengetahui bagaimana mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, Mampu menentukan cara-cara mengelola harapan pelanggan, Mengetahui bagaimana memposisikan diri dengan citra professional, Mengetahui bagaimana menangani situasi/pelanggan yang sulit. Bekerja sebagai tim dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang terkait dengan masalah pelanggan.