Satu Inovasi lagi, Layanan Menggunakan Smartcard

Satu inovasi lagi, direncanakan minggu depan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta pelayanan akan menggunakan alat baca KTP Elektronik smardcard. Pemohon diminta menyiapkan KTP Elektronik bagi yang sudah punya. Hal ini karena Aplikasi pelayanan tidak lagi entry NIK ( Nomor Induk Kependudukan) sebagaimana dilakukan saat ini tapi bisa dengan membaca KTPEL dengan smardcard secara otomatis data pemohon sudah tercatat dalam pendaftaran. “ Mungkin ini pelayanan administrasi kependudukan pertama di Indonesia yang sudah menggunakan cardreader yang digunakan untuk alat baca otomatis masuk ke aplikasi pelayanan pada Front Office”, demikian salah satu bahasan pembicaraan dalam Bintek Update aplikasi pelayanan di Ruang Rapat Dispendukcapil Kota Surakarta, Sabtu (7/1). Bintek dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Dispendukcapil Kota Surakarta, Rita Margareta K. Peserta berjumlah 20 orang dari bidang PIAK dan perwakilan bidang-bidang.

Selaku Narasumber Programer dari Semarang Padang Setyanto, yang memaparkan updating aplikasi pelayanan. “Aplikasi yang lama sudah dilengkapi dengan system barcode dan SMS untuk pemberitahun ke pemohon yang sudah jadi. Untuk yang baru selain dilengkapi pembaca KTP EL dengan smardcard, juga penambahan dalam mekanisme layanan, pencetakan dan pelaporan yang lebih lengkap.” Kata Padang.

“ Kami sudah menyiapkan smartcard baru sejumlah 6 buah, Selanjutnya akan dilakukan setting dan updating aplikasi, dan direncanakan hari senin akan dimulai sosialisasi ke petugas Front Office dan mulai Selasa sudah menggunakan dengan updating aplikasi yang baru” , demikian dikatakan Kepala Seksi Tata Kelola dan Sumber Daya  Manusia Teknologi dan Informasi Dispendukcapil Kota Surakarta, Fahruddin Eka C, yang memandu bintek ini.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )