Pengembangan RapidPro untuk Inovasi Layanan Pencatatan Kelahiran di Kota Surakarta

Salah satu indikator keberhasilan pengembangan Kota Layak Anak (KIA) adalah 100% anak tercatat kelahirannya dan mempunyai akta kelahiran. Pada kwartal 4 tahun 2014, data data SIAK Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta menunjukkan bahwa cakupan data kelahiran anak usia 0-17 tahun di Kota Surakarta sudah mencapai 93.80% dengan demikian masih terdapat 6.80% atau 10.167 anak yang belum tercatat dan belum mendapatkan akta kelahiran. Sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Surakarta untuk memastikan 100% anak di kota Surakarta tercatat kelahirannya dan mempunyai akta pada akhir tahun 2016 dan menindaklanjuti hasil dan RTL Lokakarya Peningkatan Cakupan Akta Kelahiran dan Pemanfaatan Data Anak yang diselenggarakan di kota Semarang pada bulan Januari 2015 dan di kota Surabaya pada bulan Maret 2015.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kota Surakarta pada hari Senin 6 April 2015 bertempat di Ruang Manganti Projo, Komplek Balaikota Surakarta, Jln. Jendral Sudirman No. 2 Surakarta mengadakan sebuah kegiatan perihal Pengembangan RapidPro untuk Inovasi Layanan Pencatatan Kelahiran di Kota Surakarta yang diikuti kurang lebih 15-20 orang yang terdiri dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Bidang Capil dan Data), Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Perwakilan Mitra Kerja Layanan Akta Kelahiran (Rumah Sakit, Klinik Bersalin, Bidan), dan Organisasi Masyarakat/LSM (PKK, Perwakilan Kecamatan dan Kelurahan yang bertanggungjawab terhadap layanan akta kelahiran, LSM/Lembaga yang mendampingi anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus dan belum terjangkau layanan akta kelahiran). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kependudukan khususnya layanan pencatatan kelahiran di kota Surakarta

RapidPro merupakan aplikasi open source yang diproduksi oleh UNICEF dalam kemitraan dengan universitas dan pembuat perangkat lunak yang dapat membantu pemerintah memberikan informasi real-time yang cepat dan penting dan menghubungkan masyarakat ke layanan kependudukan khususnya layanan pencatatan kelahiran. Kegiatan ini mendatangkan langsung Jeff Hall yang merupakan perwakilan dari UNICEF untuk mempresentasikan tentang RapidPro.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )