Peluncuran Aplikasi SIDAK

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta melaksanakan pengembangan Sistem Informasi Data Kemiskinan (SIDAK) yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Aplikasi SIDAK telah di presentasikan dalam Workshop Pengembangan Data Base SIAK Terintegrasi dengan Program Kemiskinan pada tanggal 23 Juni 2015 di Ruang Manganti Praja Balaikota Surakarta. Workshop dibuka oleh Wakil Walikota Surakarta H. Ahmad Purnomo dan dihadiri 60 peserta dari instansi yang terkait.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta Drs. Suwarta SH MM mengatakan bahwa saat ini Dispendukcapil dalam proses melakukanPemasangan Jaringan dan Instal Aplikasi Sistem Informasi Data Kemiskinan ( SIDAK) Kota Surakarta ke SKPD yang tekait yakni Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Dikpora dan Kantor Ketahanan Pangan.

“Saat ini Aplikasi SIDAK dan data base kemiskinan telah terpasang diserver khusus di Dinas Dukcapil yang terintegrasi dengan SIAK. Aplikasi ini berbentuk web base on line sehingga bisa diakses melalui internet dengan komputer dan gadget ( Laptop/ tablet/HP). Aplikasi ini masih terus dilakukan proses penyempurnaan” katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Sistem TI Dispendukcapil Kota Surakarta Fahruddin Eka C, Sos menjelaskan bahwa aplikasi ini akan bisa melihat data by name penduduk miskin yang digabung dengan data yang dimiliki di data base kependudukan termasuk didalamnya foto KPT Elektronik yang bersangkutan. Setiap data akan terdapat secara lengkap berisi bantuan yang diterima, foto rumah dan indikator kemiskinan lainnya. Data ini akan terus tersimpan sehingga diharapkan adanya kevaliditasan data tunggal kemiskinan yang berbasik NIK ( Nomor Induk Kependudukan) yang bisa digunakan untuk pelaksanakan pembangunan termasuk bantuan kepada masyarakat secara akurat dan tepat sasaran.

“ Jika setting jaringan sudah selesai di lakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengadakan bintek bagi petugas operator dari SKPD yang terkait dan pemanfaat aplikasi”. Ujarnya

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )