Diseminasi Pemanfaatan Data Kependudukan Untuk Pelayanan Masyarakat

Dalam rangka mengimplementasikan pemanfaatan data Kependudukan Kota Surakarta tahun 2016 bagi ( Satuan Kerja Perangkat Daerah) SKPD maupun sektor swasta, telah di laksanakan Kegiatan Diseminasi Pemanfaatan Data Kependudukan pada   Rabu, 9/12 di  Pantiarjo Room, Kusuma Sahid Prince Hotel Solo. Acara     bertajuk Diseminasi Pemanfaatan Data Kependudukan Untuk Pelayanan Masyarakat

Data kependudukan merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung pembangunan di sebuah wilayah, tidak terkecuali di Kota Surakarta. Dengan adanya kependudukan, mampu mempermudah Pemerintah Kota dalam menyukseskan berbagai program. “Banyak program di Kota Surakarta yang pada dasarnya menggunakan data kependudukan, baik untuk melihat kondisi penduduk saat ini atau pun yang akan datang,” tutur Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, Suwarta saat memberikan paparannya dengan judul : Inovasi Pelayanan Kependudukan di Kota Surakarta.

Lebih dalam, Suwarta menjelaskan berbagai pemanfaatan data kependudukan. Adapun semua itu untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, aplikasi anggaran, serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal.Beberapa kegiatan tersebut tidak dapat berjalan dengan maksimal tanpa adanya data kependudukan. Sehingga dalam hal ini data kependudukan harus dimiliki masing-masing pemerintah daerah. Data kependudukan yang digunakan untuk semua keperluan adalah data kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Pada materi selanjutnya dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Tengah, yang disampaikan Oleh Dwi Agung Kurniawan yang memaparkan mekanisme pemanfaatan data dengan sistem warehouse/web service dan aplikasi.

Materi Terakhir dari Kepala Bidang Data dan Statistik Heny Ernawati memarkan tentang tata cara pemanfaatan data bagi SKPD dan Instansi swasta.

Pada diseminasi tersebut juga di sampaikan pengalaman dan demo dari instansi yang sudah memanfaatkan warehouse Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta yakni E Kelurahan dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi serta Sistem Informasi Puskesmas dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )