Besuk Kiamat Juara 1

Dalam Rangka Gelar Karya Inovasi Pemerintah Kota Surakarta Tahun 2017, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipi Kota Surakarta  mendapat Juara I dari 10 Unggulan yang ada. Program yang diangkat adalah Besuk Kiamat ( Bela Sungkawa Kirim Akta Kematian).  Juri dari Lembaga Administrasi Negara ( LAN).

Penghargaan diberikan langsung oleh Sekda Kota Surakarta Budi Yulistiada, di acara Penutupan Rangka Gelar Karya Inovasi Pemerintah Kota Surakarta Tahun 2017, Sabtu (16/12). Di Pedhapi Gedhe. Dispendukcapil Kota Surakarta juga mendapat penghargaan stand pameran dengan pengunjung terbanyak.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, Suwarta, dihadapan wartawan seusai acara menjelaskan bahwa program ini merupakan inovasi untuk mempermudah layanan masyarakat dimana keluarga yang meninggal dunia langsung mendapatkan akta kematian KK dan KTP Elektonik sebelum Almarhum di kebumikan. Sedangkan penamaannya Besuk Kiamat adalah dari Walikota Surakarta, Nama tersebut dibuat agar unik menarik dan memiliki nilai filosofi yang tinggi termasuk agar masyarakat ingat pada kematian.

Proses program ini dengan sistem online dan  scan dokumen dari Kelurahan, Dispendukcapil Kota Surakarta langsung menerbitkan akta kematian, KK dan KTPEL ( Suami/Istri Almarhum) di Kirim Ke kelurahan untuk diberikan ke warga. Dinas hanya memverikasi dan mencetak karena entry dan scan dokumen  sudah dari petugas Kelurahan. Aplikasi dengan menggunakan SIAK ( Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) dengan jaringan VPN yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Surakarta.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )