Amanda Bissex : “Kami mendapatkan gambaran relasi pencatatan kelahiran Rumah Sakit yang lebih dari yang kami harapan”

Kepala Perlindungan Anak United Nation Children’s Fund (Unicef) Indonesia, Amanda Bissex mengunjungi langsung pelayanan akta kelahiran relasi pencatatan kelaharian di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Kamis 25/1/2018)

Amanda bersama Child Protection Specialist United Nations Children’s Fund (UNICEF) Astrid Gonzaga Dionisio , Kepala Kantor Perwakilan UNICEF wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah, Arie Rukmantara dan tim sempat melihat secara langsung  proses pelayanan akta kelahiran di RS PKU Muhammadiyah Surakarta yang online langsung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta.

Saat ini pelayanan online sudah mulai diujicobakan dilayani dengan scan dokumen dari rumah sakit sehingga nantinya  tinggal dicetak dari dinas, akta kelahiran  akan dikirim ke Rumah Sakit. Persyaratpun lebih mudah karena tidak  perlu pengantar/ tandatangan dari Kelurahan. Artinya Pemohon tidak perlu ke   Kelurahan Langsung mendaftar dan produk jadi di Rumah Sakit.  Saat itu  juga di Praktekkan online langsung dengan mengupload dokumen melalui aplikasi SIAK yang  hanya dibutuhkan waktu pengiriman dokumen  5  detik, dokumen sudah terkirim keserver Dispendukcapil Kota Surakarta. Entry dan upload dilakukan oleh Tim Rekam medis RS PKU MUhammadiyah  didamping Tim TI dari Dispendukcapil Kota Surakarta.

Dalam kesempatan tersebut Amanda Bissex mengucapkan terima kasih karena telah mendapatkan gambaran relasi pencatatan kelahrian Rumah Sakit yang lebih dari yang diharapkan.

Sebelum kunjungan Kerumah Sakit,  Tim juga ditemui Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di dampingi pejabat terkait di Ruang Rapat Sekda Balaikota Surakarta. . Tim Unicef Ke Surakarta dalam rangka kunjungan lapangan Penilaian Data Administratif Pencatatan Sipil dan  Statistik Hayati.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )