Sweet Seventeen KTP-el-ku Datang

Peserta lokakarya nasional yang diselenggarakan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) bersama Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)Surakarta  di Hotel Sunan, Kamis (13/10/2016), langsung melakukan kunjungan ke Ruang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Hadir Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh beserta perwakilan Kantor DukCapil tingkat provinsi dan kota/kabupaten dari seluruh Indonesia yang berjumlah sekitar 300 an orang memenuhi Ruang Pelayanan Dinas Dukcapil Kota Surakarta.

Pada kesempatan tersebut diruang pelayanan langsung dipaparkan dua materi yakni dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kota Surakarta, Suwarta dengan tema  “Melayani Sepenuh Hati dengan Inovasi, Pelayanan Kependudukan di Kota Surakarta.” Suwarta menjelaskan, salah satu  inovasi di Kota Surakarta adalah program SWEET SEVENTEEN, KTPELKU DATANG. Dimana anak-anak sudah di rekam KTPEL di sekolahnya sejak saat kelas 1 SMA, kemudian diserahkan KTP EL nya, saat ulang tahunnya ke 17 . Penyerahan Undangan dan Ucapan Selamat Ulang Tahun dari Walikota Surakarta bekerja sama dengan kantor Pos. Program ini sudah berjalan sejak awal tahun 2016.

Kebetulan saat itu banyak siswa yang mengambil KTPEL nya di Dinas Dukcapil Kota Surakarta, maka secara spontan dan simbolis Dirjen Dukcapil menyerahkan KTPEL kepada 3 siswa yang mendapatkan undangan pengambilan KTPEL lewat Kantor Pos.

Paparan Kedua dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta tentang Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas ( SIMPUS) yang sudah memanfaatkan data ware house dari Dinas Dukcapil Kota Surakarta. Pada kesempatan Dirjen Dukcapil mengapresiasi pemanfaatan data tersebut dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan menganggung-angguk saat menyaksikan demo aplikasi yang terkoneksi dengan warehouse data kependudukan.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )