Sekdin Dukcapil Surakarta, Subandi, SH. MH mewakili Kadisdukcapil menjadi narasumber dalam Kegiatan Evaluasi dan Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Bojonegoro yang berlangsung di Hotel Indah Palace, Sabtu malam (26/11). Kegiatan Evaluasi dan Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan dibuka Kadisdukcapil Kabupaten Bojonegoro, Yayan Rachman, AP. MM dan diikuti Kepala Bidang, Kasubag, Staf dan para operator SIAK.
Kadisdukcapil Kabupaten Bojonegoro, Yayan Rachman, AP. MM saat membuka kegiatan mengatakan bahwa kegiatan evaluasi dan peningkatan pelayanan sengaja dilakukan di Kota Surakarta selain untuk menghilangkan rasa kejenuhan dari rutinitas pelayanan juga ingin mendapatkan masukan terhadap praktik baik dalam pelayanan prima dari Didukcapil Surakarta, yang dinilai telah banyak memiliki inovasi dan berhasil mendapatkan pelayanan prima. Sekdin Dukcapil Surakarta, Subandi, SH. MH dalam paparannya menyampaikan untuk mencapai pelayanan prima, ada 6 komponen pelayanan yang harus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan secara terus menerus dan berkelanjuta.
Keenam komponen itu, kata Subandi, yakni meliputi; pertama, kebijakan pelayanan. Kedua, Profesionalisme SDM. Ketiga, Pemenuhan Sarana Prasarana. Keempat, Sistem Informasi Pelayanan Publik. Kelima, Pengelolaan Konsulrasi dan Pengaduan. Dan Keenam, Inovasi Pelayanan Publik.
Sementara itu untuk meningkatakan pelayanan, Disdukcapil Surakarta melakukan Strategi melalui inovasi pelayanan dari kelahiran sampai dengan kematian. Beberapa inovasi itu yakni; Beberapa inovasi tersebut antara laon; Sapu Kuwat, KIA dan SILA KIA, Rekam di Sekolah, Sweet Seventeen KTP-el Ku Datang, Bening Kekasihku, Jemput Bola Rekam KTP-el Lansia / Kebutuhan Khusus, Pelayanan One Day Service Besuk Kiamat, Dukcapil Dalam Genggaman, Layanan One Day Service (CFD) dan Layanan Tanpa Turun (Lantatur) atau Drive Thru.
Ditambahkan oleh Subandi, untuk tahun 2022, inovasi Besuk Kiamat meraih TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik katagori umum dan inovasi Sistem Relasi Pencatatan Kelahiran dan KIA (SIRELA KIA) berhasil meraih TOP 15 Katagori Khusus. Ditambahkan oleh Subandi untuk prestasi pelayanan, Disdukcapil Surakarta meraih predikat Pelayanan Prima dari Kemenpan RB tiga tahun berturut-turut (2019, 2020 dan 2021). Disdukcapil juga telah meraih Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) pada tahun 2018.