Sejumlah Rumah Sakit Terima Dokumen Layanan Sapu Kuwat Kepada Pasien


Sejumlah Rumah Sakit yang telah bekerja sama layanan Sapu Kuat dengan Disdukcapil Surakarta hari ini (Jum’at, 26/8) menerima kiriman layanan Satu Paket Urusan Kependudukan Terpenuhi (Sapu Kuwat) untuk diserahkan kepada keluarga pasien yang melahirkan. Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Yudianto, SH. ME mengatakan Rumah Sakit yang menerima kiriman hari ini antara lai; RS PKU Muhamadiyah dan RS PKU Sampangan, RSUD Fatmawati Soekarno dan RS Slamet Riyadi. Sedangkan Paket layanan inovasi Sapu Kuwat terdiri dari Akta Kelahiran, perubahan KK tambah jiwa, KIA, e-ID JKN KIS dan Buku Bolo Kuncoro.

Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M.Si mengatakan Sapu Kuwat adalah merupakan salah satu inovasi Disdukcapil Surakarta, yang mengintegrasikan layanan kelahiran di Rumah Sakit, Puskesmas, Rumah Bersalin dan Bidan Praktek Mandiri dengan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatatan. Integrasi layanan juga diperluas dengan BPJS Kota Surakata dengan pemberian e-ID JKN KIS yang setiap bayi lahir secara otomatis terdaftarkan kepesertaannya dalam BPJS kesehatan mengikuti orang tuanya.

Inovasi ini juga mendapatkan dukungan dari Disarpusda dengan memberikan Buku Bolo Kuncoro yang berisi tentang tempat dan sejarah di Kota Surakarta dengan harapan menjadi edukasi literasi bagi anak Kota Surakarta. Cara akses layanan Sapu Kuwat cukup mudah, bagi keluarga yang melakukan kelahiran di 20 Rumah Sakit / Puskesmas / Rumah Bersalin / Praktek Mandiri, cukup menyerahkan persyaratan ke tempat kelahiran maka dokumen akan oleh Rumah Sakit ke Disdukcapil Secara online.

Setelah dokumen jadi, maka akan diantar oleh Disdukcapil ke Rumah Sakit dan selanjutnya untuk di serahkan ke keluarga yang melahirkan sebelum bayi dan ibunya pulang dari rumah sakit / puskesmas / rumah bersalin.

CATEGORIES
Share This