Ada tiga masalah yang sering terjadi dalam pelayanan publik; pertama, diskriminasi pelayanan, kedua, tidak adanya kepastian biaya dan waktu pelayanan dan ketiga, rendahnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Demikian disampaikan oleh Dian Pramono, CCHt dari Alpha Coaching & Training (ACT) kepada peserta Bintek Front Office dan Back Office pada hari kedua (Sabtu, 4/5) di Mbah Djoe Resort Plaosan Magetan.
Selain tiga permasalahan dalam pelayanan publik, kata Dian Pramono, juga terdapat kelamahan dalam pelayanan publik seperti kurangnya responsif, kurangnya informatif, kurang accessible, kurang koordinatif, birokratis dan banyak persyaratan. Problematik dalam pelayanan prima tersebut maka menurut Dian Pramono sebagai pelayanan publik harus merubah paradigma pelayanan dengan mengutamakan pelanggan baik yang internal maupun eksternal dengan melaksanakan 3 unsur pelayanan (orang, proses dan standar) dan 3 konsep pelayanan (attitud, attention dan action), disamping juga harus mampu menghadapi tipe pelanggan.
Bintek pelayanan prima yang disampaikan oleh Coach Dian Pramono berjalan dengan dengan komunikatif dan interaktif karena selain peserta mendapatkan beberapa tiori pelayanan prima, peserta juga diajak bermain dan simulasi pelayanan.