Nilai Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) pada Triwulan III 93,31 atau katagori Sangat Baik Harus tetap kita jaga bahkan kita tingkatkan dengan meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan. Demikian permintaan disampaikan Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M. Si kepada seluruh Pejabat, Staf dan Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kerja (TKPK) dalam rapat paparan hasil SKM Triwulan III dan hasil SKM Sementara Triwulan IV di ruang rapat Lt. 2 Disdukcapil.
Dikatakan oleh Pramono, untuk unsur Biaya/Tarif dan Penanganan Aduan, saran, masukan mendapatkan nilai tertinggi. Sedangkan untuk unsur waktu/penyelesaian dan kompetensi pelaksana, publik masih memberikan nilai terendah. Berdasarkan hasil SKM tersebut, Kadisdukcapil meminta dua unsur yang terendah yakni waktu penyelesaian dan kompetensi mendapatkan perhatian dengan cara menjaga kualitas layanan dan mempercepat layanan. Ini penting karena persoalan delivery terus menjadi komplain pemohon, maka harus segera dilakukan metode yang cepat dan tepat.
Sementara itu Sekdin Disdukcapil, Subandi, SH. MH menambahkan bahwa untuk capaian nilai SKM sementara Triwulan IV per 8 Nopember pada aplikasi Si Jalak Koar, baru mencapai 85,65 atau katagori Baik. Capaian Nilai SKM Sementara masih dibawah Nilai Triwilan III. Belum tercapainya Nilai SKM tersebut, maka ada beberapa langkah agar pada akhir Triwulan terakhir Nilai SKM tercapai yakni; mengoptimalkan petugas FO dalam pelaksana SKM, memandu stakeholder dalam SKM online, perbaikan kualitas pelayanan, percepatan implementasi aplikasi layanan online dan pemutaran musik di ruang pelayanan.