Kepala Disdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M. Si meminta agar semua operator dan pengelola aduan untuk mengkomunikasikan dengan baik dan cepat terhadap seluruh permohonan dan aduan kepada pemohon agar mereka merasa terlayani dengan baik. Demikian disampaikan Pramono kepada seluruh pejabat, staf dan Tenaga Kerja dengan Perjajian Kerja pada apel Senin pagi (6/6) di ruang apel Lt. 1 Disdukcapil.

Ditambahkan Pramono, adanya perubahan layanan pendaftaran dari aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman ke WATiket menyebabkan semuan permohonan dan aduan dikirim ke WA langsung dan operator yang harus memberikan respon jawaban. Untuk itu, tambah Pramono, dibutuhkan kecepatan respon cepat dari para operator dengan menggunakan bahasa yang santun dan “nguwongke wong” sehingga pemohon merasa ada jawaban dan kepastian.

Persoalan komplain pemohon di medsos atau twitter mas wali, menurut Pramono karena persoalan komunikasi, karena pemohon merasa tidak ada respon dan tidak ada kepastian. Itu dibuktikan setelah aduan ditanggapi ternyata mereka juga memberikan jawaban yang baik karena merasa ditanggapi atas aduan yang disampaikan. “Saya minta kepada Sekretaris Dinas untuk memantau seluruh media sosial kita dan segera lakukan respon cepat untuk semua komplain dari masyarakat”, minta Pramono.