Komisi A DPRD Kota Malang hari ini (Senin, 22/5) melakukan Kunjungan Kerja ke Disdukcapil Surakarta, yang dipimpin Ketua Komisi A, Drs. Rahman Nurmala, MM dan diterima langsung Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M.Si.
Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M.Si dalam sambutannya mengangatakan bahwa strategi perbaikan pelayanan Disdukcapil Surakarta dilakukan selain melalui kolaborasi penthaholik dengan melibatkan semua unsur, juga melalui inovasi pelayanan dari kelahiran sampai kematian. Sementara untuk menjaga dan menjamin mutu pelayanan dilakukan melalui Survey Kepuasan Masyarakat, survey indek persepsi anti korupsi dan penerapan ISO 9001: 2015. Ditambahkan Pramono, beberapa inovasi tersebut antara lain; Sapu Kuwat, KIA dan SILA KIA, Rekam di Sekolah, Sweet Seventeen KTP-el Ku Datang, Bening Kekasihku, Jemput Bola Rekam KTP-el Lansia / Kebutuhan Khusus, Pelayanan One Day Service Besuk Kiamat, Dukcapil Dalam Genggaman, Layanan One Day Service (CFD) dan Layanan Tanpa Turun (Lantatur) atau Drive Thru.
Sementara itu Ketua Komisi A DPRD Kota Malang, Drs. Rahman Nurmala, MM dalam penjelasannya mengatakan kunjungan kerja ini untuk melihat secara langsung pelaksanaan pelayanan online adminduk di Kota Surakarta, karena menurutnya masyarakat Solo cukup dimanjakan dengan pelayanan adminduk karena tidak ribet dan cukup mudah bisa mengakses dari rumah. Dalam bagian lain, Komisi A DPRD Kota Malang merasa banyak manfaat yang diperoleh dari kunjungan kerja ke Disdukcapil Surakarta. Terutama banyaknya inovasi pelayanan dari kelahiran sampai dengan kematian. Dia berjanji akan mendorong Disdukcapil Kota Malang bisa menerapkan dan meniru Kota Surakarta.