Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) pada Triwulan I (Januari – Maret) Tahun 2022 terhadap pelayan Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencaratan Sipil Kota Surakarta, publik memberikan nilai 91,62 atau katagori Sangat Baik. Hal itu disampaikan Kadisadmindukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M. Si dalam rapat exspose hasil SKM Triwulan I dan Persiapan SKM Triwulan II Rabu (24/4) di Ruang Rapat Lt. 1 yang diikuti Sekdin, Subandi, SH. MH, para Kepala Bidang dan Pejabat Fungsional.

Ditambahkan oleh Pramono, hasil SKM Triwulan I 2022 mengalami peningkatan bila dibandingkan hasil SKM Triwulan IV tahun 2021, atau meningkat 0,14 dari semula 91,48 Desember 2021 menjadi 91,62 Maret 2022. “Prespektif positif publik atas kiner layanan Disadmindukcapil harus terus kita pertahankan, maka beberapa rekomendasi hasil SKM Triwulan I 2022 harus dilakukan tindak lanjut perbaikan dan penyempurnaan pelayanan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Subandi SH. MH survey kepuasan masyarakat dilakukan setiap 3 bulan sekali yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan Disadmindukcapil bagi penyelenggara pelayanan publik.

Ditambahkan Subandi bahwa ruang lingkup survey meliputi 9 unsur yakni; Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan Pelayanan, Biaya / Tarif, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan serta Sarana Prasarana. “Dari 9 unsur tersebut masing-masing memperoleh nilai: U1: 3,57, U2:3,52, U3: 3,51, U4: 4,00, U5: 3,59, U6: 3,57, U7: 3,62, U8: 3,92 dan U9: 3,68”, kata Subandi. Sementara hasil SKM memberikan rekomendasi agar Disadmindukcapil melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat di 54 kelurahan baik melalui liflet, banner, media sosial maupun tatap muka.