Disdukcapil Kendal Studi Inovasi ke Disdukcapil Surakarta


Kepala Disdukcapil Kabupaten Kendal, Ratna Mustikaningsih, SE MM yang didampingi para Kepala Bidang hari ini (Kamis, 21/9) melakukan studi inovasi ke Disdukcapil Kota Surakarta dan diterima langsung oleh Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M. Si Ikut mendampingi penerimaan studi inovasi tersebut para Pejabat Analis Kebijakan Ahli Muda dari Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dan PIAK dan Pemanfaatan Data.

Studi inovasi ke Kota Surakarta, kata Ratna Mustikaningsih, bertujuan ingin belajar beberapa inovasi pelayanan yang di terapkan di Kota Surakarta termasuk ingin belajar kiat – kiat sukses Surakarta berhasil meraih prestasi Wilayan Bebas dari Korupsi (WBK) dan Pelayanan Prima. Sementara itu Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH.M. Si dalam sambutannya mengatakan Disdukcapil Kota Surakarta telah memiliki beberapa inovasi pelayan antara lain; Sapu Kuwat, SILA KIA, Rekam di Sekolah Sweet Seventeen KTP-el Ku Datang, Bening Kekasihku, Jemput Bola Rekam KTP-el Lansia / Kebutuhan Khusus, Pelayanan One Day Service / CFD, Besuk Kiamat, Layanan Online (Dukcapil Dalam Genggaman) dan Layanan Tanpa Turun (Lantatur) atau Drive Thru.

“Tahun ini dua inovasi Disdukcapil yakni SAPU KUWAT – SILA KIA masuk TOP 15 KIPP untuk katagori khusus dan BELA SUNGKAWA KIRIM AKTA KEMATIAN masuk TOP 45 KIPP untuk katagori umum”, tambah Pramono. Ditambahkan Pramono melalui inovasi pelayanan itu pula, Disdukcapil juga telah berhasil meraih target kinerja baik yang ditatapkan oleh daerah maupun nasional. Untuk cakupan Akta Kelahiran telah mencapai 99,78%, Cakupan perekaman KTP-el: 99,93% dan KIA, 97,48%. Sedangkan untuk target renstra untuk kepemilikan dokumen kependudukan sebesar 95,2% pada tahun 2021 bisa tercapai 99,3%.

Disamping prestasi kinerja yang telah mencapi target kinerja baik secara nasional maupun daerah, tambah Pramono, Disdukcapil Surakarta juga telah meraih nilai A (pelayanan prima) dari Kemenpan RB selama 2 tahun berturut-turut. “Semua prestasi itu bisa diraih kata kuncinya adalah komitmen dari seluruh pegawai dan konsisten untuk perbaikan layanan serta semua tersosialisasikan kepada masyarakat baik secara daring maupun tatap muka dengan memanfaatkan semua kanal informasi yang dimiliki”, tambah Pramono.

CATEGORIES
Share This