Profil
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta adalah salah satu Badan Publik di Pemerintah Kota Surakarta yang mempunyai kewajiban untuk membuka akses terhadap Informasi Publik yang berkaitan dengan bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian kepada masyarakat. Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang transparan dan kolaboratif adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggung jawabkan.
Sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008, Pemerintah Kota Surakarta telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Keputusan Walikota Surakarta nomor 180/134 Tahun 2019 tentang Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu Pemerintah Kota Surakarta. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai salah satu Badan Publik Pemerintah Kota Surakarta menindaklanjuti dengan membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta melalui Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta nomor: DC/323/I/2024
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta berkedudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, Komplek Balaikota Surakarta, Jalan Jenderal Sudirman nomor 2 Surakarta, Telp. 0271 639554, 0271 642020 ext. 552, 553, email : disadmindukcapil@surakarta.go.id
Kedudukan/Domisili Beserta Alamat Lengkap
Ringkasan | Isi | |
---|---|---|
Ringkasan Informasi | : | Alamat Lengkap Komplek Balaikota Surakarta Jl. Jend. Sudirman No. 2, Kampung Baru, Pasar Kliwon, Kota Surakarta |
Pejabat/Instansi Yang Menguasai Informasi | : | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta |
Penanggungjawab Informasi | : | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta |
Waktu Pembuatan Informasi | : | 2025 |
Bentuk Informasi yang tersedia | : | Softfile |
Jangka Waktu Penyimpanan | : | Selama berlaku |
Media yang memuat informasi | : | |
Keterangan Tambahan | : |
Dasar Hukum
Peraturan yang mendasari pengelolaan PPID di Disdukcapil Kota Surakarta, antara lain:
1. Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta Nomor: DC/323/I/2024 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta
2. Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta Nomor: DC/322/I/2024 tentang Daftar Informasi Dan Dokumentasi Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta Tahun 2024