Apeksi Menunjuk Dispendukcapil Surakarta Dalam Program Bantuan Pengembangan Pelayanan

Assosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( Apeksi ) menyelenggarakan WORKSHOP INKUBASI   PENINGKATAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN DARI SISI TEKNOLOGI DI SURAKARTA PADA 1 – 3 Mei 2018. Acara dilaksanakan di Hotel Paragon dan kunjungan lapangan Ke Dispendukcapil Kota Surakarta dan Kelurahan Jebres, salah satu yang di pelajari adalah sudah terkonesinya database kelurahan dengan Dispendukcapil Kota Surakarta.

Peserta terdiri dari Perwakilan dari Kota Denpasar, Kota Surakarta, Kota Pekalongan, Kota Kudus dan Kota Surabaya. Masing – Masing  Kota mempersentasikan tentang pelayanan administrasi kependudukan khususnya dari Sisi Teknologi Informasi dengan Fokus e-form, e-filing dan e-sign.

Materi terakhir disampaikan hasil kajian lapangan dari Tim Apeksi,  setelah melakukan analisis Sistem Teknologi Informasi selama dua hari di Dispendukcapil Kota Surakarta. Hasilnya  perlu penyempurnaan aplikasi pelayanan yang terintergrasi disemua lini layanan yang berbasis e-form, dan efiling. Kota Surakarta dan Kota Denpasar terpilih sebagai kota yang akan mendapat fasilitasi aplikasi pengembangan ini. Pengembangan ini akan dimulai bulan Mei ini samapi tiga bulan kedepan.

“ Rencananya akan mengembangkan aplikasi pelayanan  yang ada SIMP3AK ( Sistem Informasi Manajemen Penerimaan Pengelolaan Permohonan Administrasi), Aplikasi sebenarnya sudah mencakup semua proses yang ada,  yang sudah dilengkapi dengan barcode dan card reader, namun masih penyempurnan mengikuti perkembangan teknologi pelayanan dan regulasi yang ada. Salah satunya scan dokumen persyaratan yang semula dilakukan operator dibalik akan dilakukan di Front Office, dengan tujuan agar  berkas pendaftaran tidak perlu dibawa secara fisik cukup berhenti FO. Selanjutnya Operator dan Verifikator memproses lewat aplikasi dan soft copy. Disamping itu  pemohon bisa mengetahui sampai dimana perjalanan dokumen yang didaftarkannya ” Kata Fahruddin Eka C,  Kepala Seksi Tata Kelola dan SDM TIK Dispendukcapil Kota Surakarta.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )