Pengurus Karang Taruna Kelurahan Sewilayah Kecamatan Pasarkliwon sore ini (Kamis, 27/10) mengikuti kegiatan sosialisasi administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Disdukcapil Surakarta, yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Pasarkliwon. Sekretaris Disdukcapil Surakarta, Subandi, SH. MH mengajak Pengurus Karang Taruna untuk tertib adminduk dengan mendorong masyarakat untuk selalu mengupdate semua dokumen kependudukan setiap ada perubahan elemen data.

Ditambahkan oleh Subandi, semua pelayanan adminduk sekarang selain gratis juga makin mudah dan cepat, melalui program berbagai inovasi mulai kelahiran sampai dengan kematian. Disdukcapil Surakarta kata Subandi memiliki banyak inovasi diantaranya; Sapu Kuwat, SILA KIA, Rekam di Sekolah Sweet Seventeen KTP-el Ku Datang, Bening Kekasihku, Jemput Bola Rekam KTP-el Lansia / Kebutuhan Khusus, Pelayanan One Day Service / CFD, Besuk Kiamat, Layanan Online (Dukcapil Dalam Genggaman) dan Layanan Tanpa Turun (Lantatur) atau Drive Thru.

Sementara itu Koordinator Pengolahan dan Pemanfaatan Data, Fachrudin Eka Cahyana, S. Sos menyampaikan bahwa saat ini masyarakat makin mudah mengurus dokumen kependudukan karena semua layanan adminduk bisa diakses secara online. Ditambahkan oleh Fahrudin, dengan layanan online penduduk tidak perlu repot2 datang ke kecamatan dan Disdukcapil tetetapi bisa dari rumah masing-masing dan dokumenpun juga bisa dicetak secara mandiri dan ADM yang ada di Mall Pelayanan Publik atau dicetak sendiri dirumah dengan HVS A4 80 gram.