Masyarakat Kota Surakarta merasa sangat senang karena Disdukcapil Surakarta sudah membuka kembali layanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Car Free Day (CFD) Jl. Slamet Riyadi.

Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M. Si menerangkan bahwa mulai pekan pertama bulan September ini (Minggu, 4/9) Disdukcapil Surakarta membuka kembali layanan dokumen kependudukan dan catatan sipil di Jl. Slamet Riyadi dari Pukul 06.00 sampai dengan 08.00 WIB. Pagi ini hari layanan pertama sejak diberhentikan karena pandemi Covid-19. Ditambahkan Pramono, titik layanan di buka di depan Rumah Makan Diamond Solo dengan menggunakan mobil keliling. Sedangkan jenis layanan yang diberikan antaralain; KK, KTP-el, KIA, Akta Kelahiran dan Akta Kematian dengan metode pendaftaran secara online dan tidak menerima layanan tatap muka.

Sementara itu Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Identitas Penduduk, Sugiyanto, S. Sos melaporkan sesuai komentar dari pemohon yang datang, ternyata mereka baru tahu kalau sudah dibuka kembali layanan adminduk di CFD. Administrator Database Kependudukan, Hermanto, S. Kom menambahkan masyarakat yang datang ke tempat pelayanan kebanyakan belum melakukan pendaftaran secara online sehingga para petugas harus membantu mendaftarkan secara online dari HP pemohon.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sekdin Dukcapil Surakarta, Subandi, SH. MH saat menitoring pelaksanaan layanan adminduk meminta segera dilakukan evaluasi dan sosialisasi secara masif melalui berbagai kanal informasi termasuk media sosial (FB, IG dan Twiiter).