Tim Percepatan Mall Pelayanan Publik Digital Kemenpan RB disela-sela Kunjungan di Mall Pelayanan Publik Kota Surakarta (Senin,13/3), melihat langsung loket layanan adminduk melalui Anjungan Adminduk Mandiri (ADM). Sekretaris Disdukcapil Surakarta, SH. MH pada saat sesi diskusi menyampaikan bahwa Disdukcapil dalam memberikan layanan adminduk sudah dilakukan secara online melalui aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman. Sementara untuk cetak mandiri penduduk bisa melakukan melalui Anjungan Adminduk Mandiri (ADM).

Ditambahkan oleh Subandi, aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman adalah aplikasi layanan adminduk yang berbasis android. Masyarakat untuk mendapatkan aplikasi ini dapat mengunggah melalui plystore dan selanjutnya melakukan regirestasi dengan nomor WA karena notifikasi layanan ini akan dikirim melalui WA dari proses pendaftaran sampai notifikasi pemberitahuan produk sudah jadi.

Sementara itu Tim Kemenpan RB menyampaikan bahwa kunjungan ke Surakarta ingin menerima masukan dari daerah terkait dengan penggunaan aplikasi dalam layanan di Mall Pelayanan Publik Dikatakan oleh Tim Kemenpan RB, kedepan akan dimulai penerapan MPP Digital untuk layanan yang terintegrasi langsung antara layanan Adminduk dengan layanan kesehatan. Diskusi percepatan MPP Digital yang berlangsung di Lt.4 gedung MPP Surakarta diikuti oleh 5 OPD yakni Dinas Kependudukan dab Pencatatan Sipil Kota Surakarta, DPMPTSP, Dinas Kesehatan, Diskominfo dan Bagian Organisasi Setda Kota Surakarta dan dipimpin langsung oleh Kadis DPMPTSP Surakarta, Dra. Andriani, MM.