Layanan Kartu Identitas Anak (KIA) yang dilakukan Disdukcapil Kota Surakarta mendapatkan penghargaan Katagori Dukcapil Cerdas dari Ditjendukcapil Kemendagri. Penghargaan diserahkan langsung oleh Dirjendukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrullah, SH. MH kepada mantan Kadisdukcapil Surakarta, Drs. Suwarto, MM yang diwakili Kadisdukcapil Surakarta, Y. Pramono, SH. M. Si pada acara Rakornas Dukcapil di Manado Kalimantan Utara (8-10/2).

Dirjendukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrullah, SH. MH dalam sambutannya mengatakan penghargaan Layanan KIA dalam katagori Cerdas, karena layanan KIA untuk pertama kali diberikan oleh Disdukcapil Kota Surakarta dan Drs. Suwarta, MM dinilai memberikan sumbang sih yang luar biasa untuk perkembangan kemajuan dan kemanfaatan KIA di Indonesia. Praktek baik dalam pelayanan dan pemberian dokumen kepada anak tersebut kemudian diangkat /diadop ke level nasional dengan melahirkan Permendagri Nomor: , yang selanjutnya KIA berlaku secara nasional.

Bersamaan dengan pemberian penghargaan KIA bagi Kota Surakarta, juga diberikan dalam katagori Dukcapil Cerdas, juga diserahkan Layanan Semedi (Sehari Jadi) kepada Disdukcapil Kabupaten Sragen dan layanan Tanda Tangan Elektronik (TTE) kepada Disdukcapil Kota Semarang sebagai pencetus / perintis TTE dokumen Kependudukan.