Dispendukcapil Surakarta

Pelayanan Surat Keterangan

Persyaratan Dan Mekanisme Pelayanan Surat Keterangan.

Macam Surat Keterangan.

Dalam hal untuk keperluan tertentu dinas dapat menerbitkan surat keterangan. Surat Keterangan meliputi:

  1. Rekes/ pengantar ke Pengadilan Negeri untuk permohonan akta kelahiran dan kematian bagi yang terlambat pengurusannya.
  2. Keterangan belum pernah menikah bagi yang beragama non Islam.
  3. Pengesahan perjanjian Nikah bagi yang beragama non Islam.
  4. Persetujuan penerbitan kutipan akta bagi yang beragama non Islam.
  5. Pengumuman perkawinan bagi yang beragama non Islam.
  6. Surat Keterangan lain apabila diperlukan.

Persyaratan.

  • Mengisi Formulir permohonan.
  • KK dan KTP pemohon.
  • Surat Pengantar dari kelurahan.
  • Foto copy Akta Pencatatan Sipil.

Prosedur.

Pemohon berkewajiban :

  • Mengisi formulir.
  • Melampirkan persyaratan.
  • Membayar retribusi.

Dinas berkewajiban :

  • Menerima dan meneliti berkas.
  • Mendaftar dalam agenda Surat Keterangan.
  • Menerbitkan Surat Keterangan.
  • Surat Keterangan Kelahiran paling lambat 14 (empat belas) hari.
  • Surat Keterangan Kematian paling lambat 3 (tiga) hari.
  • Surat Keterangan Lahir Mati paling lambat 14 (empat belas) hari.
  • Surat Keterangan Pembatalan Perkawinan paling lambat 7 (tujuh) hari.
  • Surat Keterangan Pembatalan Perceraian paling lambat 7 (tujuh) hari.

Persyaratan Dan Mekanisme Pelayanan Penerbitan Kutipan Kedua dan Seterusnya

Setiap Kutipan Akta Pencatatan Sipil yang hilang atau rusak atas permintaan tertulis dari yang bersangkutan / keluarga dapat di terbitkan kembali kutipan kedua dan seterusnya.

Persyaratan:

  1. Foto copy Kutipan Akta Pencatatan Sipil.
  2. Foto copy KK dan KTP Pemohon.
  3. Surat laporan kehilangan dari kepolisian atau kutipan akta yang rusak.
  4. Surat kuasa bermeterai cukup apabila menguasakan.
  5. Surat Nikah / Surat Cerai / Surat Kematian.
  6. SBKRI / ganti nama.
  7. Foto copy KK dan KTP orang tua.
  8. Keputusan pengadilan apabila ada perubahan akta.

Mekanisme:

Pemohon berkewajiban:

  • Mengisi formulir permohonan kutipan / perubahan.
  • Melampirkan persyaratan.
  • Membayar retribusi.

Dinas berkewajiban:

  • Menerima dan meneliti berkas.
  • Mencari dokumen register dan berkas.
  • Meneliti kebenaran dokumen.
  • Menerbitkan Kutipan Kedua dan seterusnyayang ditanda tangani Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta.
  • Jangka waktu penyelesaian 7 ( tujuh ) hari kerja sejak dipenuhinya persyaratan oleh pemohon.
You are here: Beranda Pelayanan Kami Pencatatan Sipil Pelayanan Surat Keterangan