Print this page

Jemput Bola, Dispendukcapil Solo Serahkan KK dan Akta Kelahiran bagi Korban Kebakaran di Joyosuran

06 December 2018 By In Berita
Jemput Bola, Dispendukcapil Solo Serahkan KK dan Akta Kelahiran bagi Korban Kebakaran di Joyosuran

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surakarta,  Drs Suwarta SH MM, menyerahkan dokumen kependudukan berupa kartu keluarga (KK) dan kutipan akta kelahiran kepada korban kebakaran, Sumaryono dan Santoso, Selasa (4/12/2018).

Mereka adalah kakak- beradik warga RT 01 RW 09 Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Surakarta, Jateng.

Surwarta menyerahkan dokumen didampingi Kabid Pendaftaran Penduduk, Drs Ingramto MM, Kabid Pencatatan Sipil, Eko Purnomo SH MSi, Kasi Pemerintah Trantib Joyosuran, Hariyo Seno SH MH, dan Ketua RW 09 Joyosuran, Paeran.

"Acara  bertempat di rumah korban, di RT 01 RW 09 Kelurahan Joyosuran," kata Kasi Pemerintah Trantib Joyosuran, Hariyo Seno SH MH, kepada TribunSolo.com, seusai acara.

Adapun  Suwarta melalui Ingramto antara lain mengatakan, seiring dengan Gerakan Indonesia Sadar Admistrasi Kependudukan (GISA), untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan dengan paradigma baru dari stelsel pasif menjadi stelsel aktif, negara hadir saat rakyat membutuhkan pelayanan.

"Terlebih bagi warga masyarakat yang lagi kena musibah," katanya.

Ia juga mengatakan, produk Dispendukcapil merupakan pelayanan dasar untuk pijakan mendapatkan pelayanan publik yang lain.

"Tentu masyarakat yang kena musibah kebakaran sangat membutuhkan dokumen Adminduk karena merupakan hak sipil yang harus mendapatkan pelayanan dari pemerintah kota Surakarta," katanya.

Karena itu Dispendukcapil Kota Surakarta bersama dengan Pemerintah Kelurahan Joyosuran melakukan pelayanan jemput bola langsung kepada warga yang kena musibah kebakaran, dan menyerahkan dokumen kependudukan berupa tiga KK dan akta kutipan kelahiran.

"Dengan pelayanan jemput bola tersebut, harapan kami warga yang kena musibah tidak perlu disibukkan dengan pengurusan Adminduk yang bisa menambah beban mereka," katanya.

"Semoga dokumen Adminduk ini bisa dipakai untuk kelancaran urusan publik yang lain," ujar Ingramto. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Jemput Bola, Dispendukcapil Solo Serahkan KK dan Akta Kelahiran bagi Korban Kebakaran di Joyosuran, http://solo.tribunnews.com/2018/12/04/jemput-bola-dispendukcapil-solo-serahkan-kk-dan-akta-kelahiran-bagi-korban-kebakaran-di-joyosuran.
Penulis: Imam Saputro
Editor: Junianto Setyadi

Read 487 times Last modified on Thursday, 06 December 2018 16:09
Login to post comments