Dispendukcapil Surakarta

Berita Terkini

34 OPD Pemkot Surakarta Tanda Tangani PKS Pemanfaatan Data dengan Dispendukcapil Kota Surakarta

02 July 2018 By In Berita

pks 3

Pada Hari Senin, 25 Juni 2018 bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Jadi ke-72 Pemerintah Kota Surakarta di Stadion Sriwedari Surakarta, dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 Tentang Persyaratan, Ruang Lingkup dan Tata cara Pemberian Hak Akses Serta Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Eektronik, dimana pada Pasal 6 disebutkan bahwa :

Pemerintah Kabupaten/Kota berwenang dan berkewajiban melayani pemanfaatan NIK, Data Kependudukan dan KTP-el kepada lembaga Pengguna, meliputi :

  1. Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten/Kota; dan
  2. Badan Hukum Indonesia yang memberikan pelayanan Publik yang tidak memiliki hubungan vertikal dengan lembaga pengguna di tingkat pusat

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan dilakukan oleh Drs. Suwarta, SH. MM selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah termasuk Sekretaris Daerah Kota Surakarta, Ir. Budi Yulistianto, M. Si dan disaksikan oleh Walikota Surakarta, Wakil Walikota dan Muspida Kota Surakarta

Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan ini bertujuan agar seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta dapat memanfaatkan Data Kependudukan sebagai satu-satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan, yaitu :

  1. Perencanaan Pembangunan
  2. Pelayanan Publik
  3. Alokasi anggaran
  4. Pembangunan Demokrasi, dan
  5. Penegakan hukum dan pencegahan kriminal

Penandatanganan Kerjasama ini juga dilaksanakan dalam rangka mengisi, mensukseskan dan menggelorakan Instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), khususnya pada program Ketiga dari GISA, yaitu : Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan sebagai Satu-satunya Data yang dipergunakan untuk semua kepentingan.

Read 378 times Last modified on Tuesday, 03 July 2018 08:46
Login to post comments

kemendagri

gis-dukcapil

dispermadesdukcapil

You are here: Beranda Berita 34 OPD Pemkot Surakarta Tanda Tangani PKS Pemanfaatan Data dengan Dispendukcapil Kota Surakarta