Dispendukcapil Surakarta

Berita Terkini

MANFAATKAN NO HP PEJABAT DI SITUS DISPENDUKCAPIL KOTA SURAKARTA, BEGINILAH MODUS PENIPUAN LEWAT WHATSAPP

12 January 2018 By In Berita

MANFAATKAN NO HP PEJABAT DI SITUS DISPENDUKCAPIL KOTA SURAKARTA, BEGINILAH MODUS PENIPUAN LEWAT WHATSAPP

Kamis (12/1) sekitar pukul 16.15 WIB,  puluhan  pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dihebohkan kirim pesan di WHATSAPP  yang mencurigakan. Pertama pelaku akan menulis pesan singkat:

“ sore pak/Ibu/mas ……( menyebut nama dengan jelas dan benar)……… . ini kulo Drs. Ing Ramto.

nopo kulo saget nyuwun tolong saiki.

Lalu Pejabat tentu akan menjawab dengan berbagai variasi, terus pelaku akan menjawab:

“kulo nyuwun tulung pinjam duit 3 juto buat adik ipar kulo lg masuk rmh sakit baru saja

nopo sampeyan saget nulungi

niki rekeninge istri adik ipar kulo

bank mandiri. 80081319471045 an. yani setia

kulo bingung krn uang kulo kurang 3 juto mas/pak/bu”

               Pelaku menggunakan nomor lain yang tidak dikenal , namun profilnya menggunakan profil / DP WHATSAPPnya, Ingramto, yang merupakan Kabid Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Surakarta sebagai korban . Penggunakan DP korban, di WA  pelaku ini jelas untuk mengecoh sasarannya.

Lalu bagaimana itu bisa pelaku lakukan ini semua , bagaimana tahu nama –nama dan nomor teman- teman korban?

Pelaku mendapatkannya dari nomor Hp yang ada di web site http://dispendukcapil.surakarta.go.id/. Pertama dia akan cari satu nama yang ada di daftar pejabat/no hp diweb site . Nama ini akan pelaku gunakan untuk menipu. Dipilihlah nama drs. Ingramto, kenapa? Banyak alasan mungkin juga tertarik gambar DPnya. Kemudian pelaku simpan nomor HP Korban , di hp pelaku untuk mengcopy gambar DPnya korban. Gambar DP korban digunakan di DP WA pelaku dengan nomornya 62 813-1947-1045.

Akhirnya pelaku mengaku bernama drs ingramto ( korban) , dengan nomor hpnya tapi gambar DP WA nya korban. Pelaku jelas yakin nomor hp yang ada di pejabat dalam web site adalah teman teman korban. Maka dalam modus ini yang dikirim hanya nomor homor yang di HP pejabat di web site dispendukcapil Kota Surakarta.

Kepala Seksi Tata Kelola dan SDM TI Dispendukcapil Kota Surakarta, Fahruddin Eka C,  menjelaskan beberapa pejabat hampir tertipu sebagian menelpun langsung, sebagai mencari korban, sebagian membaca di grup dinas, di mana sudah mulai dibahas. Anehnya lagi HP korban sedang mati karena dicas. Apakah ini juga  pelaku mencari titik lemah dari nomor HP korban, mungkin saja. “  kasus ini hampir dapat dipastikan merupakan modus penipuan, karena setelah dicek nomor rekening bank pelaku adalah asli dan aktif dan untuk antisipasi,  saat  ini untuk sementara nomor HP pejabat di web site kami tutup” . Katanya.

Sementara itu Ingramto dalam pesannya beberapa saat setelah kejadian mengatakan: ” Mohon maaf Bapak/Ibu hp saya tadi di Chas posisi mati dan saya posisi di Mushola. hp juga tidak hilang itu yg dipakai penipu No yg tidak Dikenal dikeluarga saya, semoga bapak/ibu yg dapat kirim WA Pinjam Uang TIDAK YANG TERTIPU ( Kami Tidak Pernah Pinjam Uang Melalui telp atau WA ). Mari Sipenipu kita Lacak Bersama . DUMP Terimakasih .”

Read 785 times Last modified on Friday, 12 January 2018 08:47
Login to post comments

kemendagri

gis-dukcapil

dispermadesdukcapil

You are here: Beranda Berita MANFAATKAN NO HP PEJABAT DI SITUS DISPENDUKCAPIL KOTA SURAKARTA, BEGINILAH MODUS PENIPUAN LEWAT WHATSAPP