Dispendukcapil Surakarta

Berita Terkini

TELAH LAHIR "SI AKSARA", SEBAGAI PELAYANAN ONLINE DATA KEPENDUDUKAN SURAKARTA

25 October 2017 By In Berita

TELAH LAHIR "SI AKSARA"

SEBAGAI PELAYANAN ONLINE DATA KEPENDUDUKAN SURAKARTA

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta meluncurkan program Sistem Informasi Angka Kependudukan Kota Surakarta ( SI AKSARA ) “Program ini merupakan Penyajian Data Kependudukan yang akurat dan permintaan data on-line dengan tujuan tersedianya data kependudukan berbasis on-line yang berguna bagi masyarakat, Permintaan data kependudukan dari masyarakat secara on-line dan Mewujudkan Sistem Aplikasi berbasis Teknologi Informasi yang lebih mudah dan efektif”. Demikian disampaikan Tri Wibowo Suryono, Kepala Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan , Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kota Surakarta pada saat Sosialisasi Sistem Informasi Angka Kependudukan Kota Surakarta ( SIAKSARA ) di Ruang Rapat Dispendukcapil Kota Surakarta, beberapa waktu yang lalu, dihadapan stakeholder.

         Si Aksara dilatarbelakangi Pada era kemajuan informasi dan teknologi sekarang ini, pemerintah sebagai pelayan masyarakat juga dituntut untuk meningkatkan diri dengan inovasi-inovasi yang lebih kreatif dan maju. Ada adagium bahwa “Siapa yang menguasai informasi maka akan menguasai dunia”. Hal tersebut dapat dimengerti bahwa informasi sangat dibutuhkan dalam segala lini. Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta sebagai Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) yang melayani masyarakat sangat berkepentingan dengan teknologi informasi. Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta hampir semua pelayanan sudah berbasis teknologi informasi. Hanya di penyajian dan permintaan data yang belum terakomodasi teknologinya secara maksimal. Data kependudukan bagi berbagai kalangan masyarakat, selain juga bagi pemerintah sendiri sangat diperlukan sebagai dasar untuk pembuatan kebijakan dan keputusan yang berbasis data kependudukan. Penyajian data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah berbasis web, hanya penyajian data yang monoton dan cenderung kurang lengkap maka kurang menarik dan sulit dimengerti publik. Sedangkan permintaan data yang masih manual, masyarakat datang langsung ke kantor dan belum memaksimalkan kemajuan teknologi informasi menjadikan kurang efisien bagi masyarakat. Saat ini informasi yang cepat dan akurat merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan area perubahan, yaitu dengan penyajian data kependudukan yang akurat dan permintaan data secara on-line. Dengan terobosan tersebut diharapkan lembaga pemerintah/LSM, akademisi, pengusaha dan publik lainnya dapat memanfaatkan data kependudukan sesuai kebutuhannya dan cara perolehannya lebih efisien dan efektif.

Manfaat Bagi Dispendukcapil Kota Surakarta, Ketersediaan data akurat dan lengkap akan membantu program dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat Kota Surakarta sesuai visi misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Manfaat Bagi Pemerintah Kota Membantu menyukseskan program Pemerintah Kota Surakarta dengan menyediakan data yang berbasis kependudukan sebagai perencanaan, sehingga program lebih tepat sasaran dan berkelanjutan sesuai dengan program kerja Pemerintah guna memberikan bantuan/fasilitas yang ada di Pemerintah Kota.

Manfaat Bagi Lembaga/Masyarakat

  1. Bagi BPS, sebagai data pembanding data yang dikeluarkan BPS sehingga lebih lengkap dan sempurna
  2. Manfaat bagi Diskominfo adalah sebagai penyedia jaringan aplikasi yang ada, akan mempermudah dalam pengambilan data melalui sistem informasi yang ada.
  3. Bagi Akademisi/Mahasiswa

        Sebagai bahan penelitian yang berbasis data kependudukan bagi akademisi dan Mahasiswa sesuai tema yang dilaksanakan

  1. Bagi Pengusaha Nasional/Lokal

   Dengan mengetahui komposisi penduduk tingkat kota, kecamatan, kelurahan dapat ditentukan strategi bisnis yang akan dilakukan

  1. Lembaga Pemerintah/LSM

   Bagi lembaga-lembaga pemerintah atau LSM dapat dipergunakan untuk merencanakan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di Kota Surakarta.

  1. Masyarakat/Publik

   Bagi masyarakat/publik yang ingin mengetahui komposisi dan kondisi data kependudukan sebagai pengetahuan dan pengertian sebagai warga Kota Surakarta khususnya dan publik umumnya.

Saat ini sistem  dan aplikasi yang dibuat oleh tim internal Dispendukcapil Kota Surakarta ini,  bisa dibuka di:

  1. Pelayanan data Yang Tersedia :

http://dispendukcapil.surakarta.go.id/20XIV/index.php/en/pelayanan-kami/capil/pelayan-online/sistem-informasi-angka-kependudukan-kota-surakarta-si-aksara

2. Permintaan data:

http://dispendukcapil.surakarta.go.id/20XIV/index.php/en/pelayanan-kami/capil/pelayan-online/helpdesk-permintaan-data

 

 

Read 1183 times Last modified on Wednesday, 25 October 2017 12:41
Login to post comments

kemendagri

gis-dukcapil

dispermadesdukcapil

You are here: Beranda Berita TELAH LAHIR "SI AKSARA", SEBAGAI PELAYANAN ONLINE DATA KEPENDUDUKAN SURAKARTA