Dispendukcapil Surakarta

Statistik Tahun 2013

Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam bidanng ketenagakerjaan, antara lain tenaga kerja , angkatan kerja dan Angka Partisipasi Angkatan Kerja (APAK). Tenaga kerja (manpower) adalah seluruh penduduk dalam usia kerja (15 –64 tahun) yang potensial dapat memproduksi barang dan jasa.  Indikator ini berguna sebagai wacana pengambil kebijakan dalam menyusun rencana ketenagakerjaan dan untuk mengetahui banyaknya tenaga kerja (penduduk usia kerja) potensial.

Rasio anak dan perempuan adalah perbandingan antara anak di bawah usia lima tahun dengan jumlah penduduk perempuan usia produktif (15-49 tahun) di suatu wilayah dan waktu tertentu. Rasio anak dan perempuan bisa digunakan untuk melihat jumlah kelahiran yang terjadi selama 5 tahun yang lalu.
Pada tahun 2013, besarnya rasio anak dan perempuan di Kota Surakarta sebesar  25. Hal ini berarti bahwa diantara 100 perempuan usia produktif terdapat 25 balita. Angka ini mengindikasikan tingkat fertilitas yang masih cukup tinggi karena masih besarnya jumlah anak balita. CWR tertinggi di Kecamatan Pasar Kliwon sebesar 26